http://downloads.totallyfreecursors.com/thumbnails/bullseye-ani.gif

Rabu, 18 Oktober 2017

Profil BUMDes Makmur Mandiri Garung Lor



BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes)
MAKMUR MANDIRI GARUNG LOR

Lambang BUMDes
Desa Garung Lor kecamatan Kaliwungu kabupaten Kudus provinsi Jawa Tengah merupakan satu dari 15 desa yang ada di kecamatan Kaliwungu. Secara geografis desa Garung Lor sendiri terletak di perbatasan dengan : sebelah utara desa Karangampel, sebelah barat desa Mijen dan di sebelah timur serta selatan berbatasan dengan desa Prambatan Kidul dan Garung Kidul. Letak desa Garung Lor sendiri cukup stategis untuk mengembangkan beberapa usaha, selain letaknya yang berada di pinggir jalan Kudus-Jepara desa Garung Lor didukung dengan adanya beberapa pabrik besar (Djarum dan Nojorono) dan lembaga-lembaga penunjang lainnya seperti Bank, rumah sakit, kepolisian dan pendidikan. Selain itu keberadaan UMKM di desa Garung Lor juga menambah potensi desa untuk menjadi desa yang maju dan menjadi desa unggulan. Demi mensejahterakan warga desa Garung Lor itu sendiri. Berlatar belakang semua yang ada di desa Garung Lor  BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) yang diberi nama “MAKMUR MANDIRI” lahir. Dengan adanya BUMDes MAKMUR MANDIRI sangat diharapkan berperan aktif sebagai lembaga penyeimbang oleh masyarakat Garung Lor.

1.   PENDAHULUAN
BUMDes MAKMUR MANDIRI selain sebagai lembaga Usaha yang berorientasi pada keuntungan dan social, juga berfungsi sebagai:
FASILITATOR Kendala yang umum dihadapi bagi para pelaku usaha mikro dalam menjalankan usahanya adalah fasilitas tempat dan pemasaran. Untuk saat ini BUMDes MAKMUR MANDIRI sudah mempunyai fasilitas tempat pemasaran antara lain Pasar TIBAN yang berada di depan Pabrik Djarum Garung Lor dan Toko di depan kantor balai desa Garung Lor. Untuk program ke depan juga akan dibuatkan Galeri yang mana di dalam galeri tersebut berisikan produk-produk hasil dari masyarakat desa Garung Lor. Sehingga para pelaku usaha mikro sedikit banyak terbantu dalam hal pemasaran.
LAPANGAN PEKERJAAN Dengan adanya Usaha-usaha yang dikelola BUMDes MAKMUR MANDIRI ini diharapkan mampu menciptakan dan menyerap tenaga kerja di kalangan masyakat desa Garung Lor sendiri.
2.   IDENTITAS PERUSAHAAN
Nama Lembaga         : BUMDes MAKMUR MANDIRI
Alamat                       : Jalan Permai No. 2
Tanggal Berdiri          : 11 Maret 2017
Status Kantor             : Milik Pemerintah Desa
3.   VISI, MISI DAN TUJUAN
VISI : MEWUJUDKAN  KESEJAHTERAAN  MASYARAKAT      DESA    GARUNG LOR  MELALUI PENGEMBANGAN             USAHA EKONOMI / JASA DAN PELAYANAN SOSIAL    DENGAN MOTTO BERSATU MEWUJUDKAN DESA             MAKMUR  MANDIRI” 
 MISI   :
1. Meningkatkan perekonomian desa
2.  Meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan  potensi ekonomi desa
3.  Meningkatkan pendapatan masyarakat dan Pendapatan Asli Desa;
4. Mengelola  dana program yang masuk ke Desa bersifat dana bergulir terutama dalam   rangka
mengentaskan kemiskinan dan pengembangan usaha ekonomi pedesaan
 5. Memberdayakan masyarakat untuk mewujudkan desa Makmur Mandiri

TUJUAN  :
Sesuai dengan AD BUM Des Garung lor Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus Pasal 7 yaitu :
Untuk meningkatkan pendapatan asli desa serta menjadi mitra kerja pelaku ekonomi desa Garung Lor.

Demikian perkenalan singkat mengenai BUMDes Makmur Mandiri Garung Lor Kecamatan Kaliwungu Kudus. Semoga  kedepan BUMDes Makmur Mandiri bisa menjadi salah satu pendongkrak perekonomian warga Garung Lor sehingga desa Garung Lor bisa menjadi desa yang mandiri dan menjadi desa Unggulan di kabupaten Kudus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar